Jumat, 06 Januari 2017

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Berolahraga

 Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik tanpa mendengarkan musik mungkin terasa kurang lengkap. Mendengarkan musik saat di gym atau berolahraga ternyata bukan hanya bermanfaat menghibur, namun juga meningkatkan fokus. Inilah Manfaat Mendengarkan Musik Saat Berolahraga

manfaat mendengarkan musik saat berolahraga

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Berolahraga | Ada manfaat yang bisa kita dapatkan saat berolahraga dan sambil mendengarkan musik favorit. Kedua aktivitas tersebut dapat memberikan manfaat yang cukup positif baik untuk dapat dilakukan secara bersamaan atau juga terpisah. Kedua aktivitas tersebut mempunyai manfaat untuk kesehatan jantung.

Ada sebuah studi yang dipresentasikan di European Society of Cardiology Congress 2013 di Amsterdam.
Dilansir dari sebuah halaman, Huffington Post bahwa dengan mendengarkan musik dan juga sekaligus melakukan aktivitas olahraga akan dapat mempunyai pengaruh yang cukup baik dalam membantu meningkatkan fungsi jantung.

Penelitian tersebut melibatkan adanya studi dari sekitar 47% pasien jantung selama melakukan sesi dari penelitian. Ada tiga kelompok. Dua kelompok pertama dimintas untuk dapat melakukan aktivitas aerobik.
Salah satu kelompok lainnya mendapatkan tambahan tugas untuk dapat mendengarkan musik favoritnya. Sementara dari kelompok lainnya tidak melakukan aktivitas olahraga. Hanya mereka diminta untuk dapat mendengarkan musik yang paling disukai selama 30 menit setiap harinya, sambil melakukan aktivitas harian seperti biasanya.

Hasilnya adalah aktivitas olahraga dan juga sambil mendengarkan musik dapat membantu untuk meningkatkan fungsi kerja jantung pada setiap relawan yang ikut dalam penelitian tersebut. Contoh, kegiatan aerobik dapat membantu untuk dapat meningkatkan fungsi jantung sampai dengan 29%. Partisipan yang diminta untuk aktif rutin mendengarkan musik favoritnya setengah jam setiap harinya mengalami peningkatan fungsi dari kerja jantung sampai 19%. Tetapi saat relawan melakukan aktivitas olahraga dan sambil mendengarkan musik favorit, fungsi jantung juga dapat meningkat sampai 39%.

Melihat dari hal tersebut kita dapat mencoba untuk dapat melakukan aktivitas olahraga sambil mendengarkan musik favorit yang dapat menjadi bagian dari gaya hidup. Kedua aktivitas tersebut dapat mempunyai manfaat positif untuk kesehatan jantung.

Selain bagus untuk kesehatan jantung, olahraga sambil dengar musik juga mempunyai manfaat lain, diantaranya :

  • Mendapatkan Performance Lebih Baik
Menurut para ahli, bila gerakan anda sinkron dengan musik yang sedang didengar, maka anda akan mendapatkan performance yang lebih baik.
  • Tidak Cepat Lelah
Musik yang bertempo 120-140 ketukan permenit, akan memberikan stimulan bagi tubuh sehingga meningkatkan detak jantung sehingga membuat gerakan lebih efektif dan tidak membuat cepat lelah. Hal ini sangat berguna menambah durasi berolahraga.
  • Menghilangkan Rasa Bosan
Musik dengan genre yang disukai akan menghilangkan rasa bosan ketika anda berolahraga, tidak ada salahnya menyiapkan musik yang berbeda-beda di satu playlist, sehingga kegiatan olahraga anda akan tampak lebih semangat.
  • Mempengaruhi Mood
Menurut Dr Costas Karageorghis, seseorang yang mendengarkan musik saat berolahraga akan berdampak pada fisiologis dan emosional. Jadi intensitas lagu akan berpengaruh kepada sistem saraf dan kinerja otak, sehingga seseorang yang mendengarkan lagu saat berolahraga akan lebih lama durasinya dibandingkan dengan yang tidak mendengarkan lagu. Dan hal ini terbukti diberbagai penelitian bahwa musik mempengaruhi mood seseorang.
  • Sebagai Penyalur Emosi
Musik dapat dijadikan sebagai penyalur emosi. Jika anda emosi, anda dapat mengambil headset langsung dengarkan musik, dan pergi joging keluar atau bermain sepeda. Alhasil emosi terlampiaskan dan tubuh menjadi sehat.

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Berolahraga

0 komentar:

Posting Komentar